Rabu, 29 April 2015

Parameter COD Meter | COD Meter | Jual COD Meter | Telp-081322599149



Parameter COD Meter | COD Meter | Jual COD Meter | Telp-081322599149

Parameter COD Meter | COD Meter | Jual COD Meter | Telp-081322599149
PARAMETER TDS, TSS, BOD, COD, KONSENTRASI ION HIDROGEN, DAN DEBIT SEBAGAI PENENTU KUALITAS AIR PART II
COD atau Chemical Oxygen Demand
    COD adalah jumlah oksigenyang diperlukan untuk mengurai seluruh bahan organik yang terkandung dalam air. Pada prinsipnya pengukuran COD adalah penambahan sejumlah tertentu kaliumbikromat (K2Cr2O7) sebagai oksidator pada sampel (dengan volume diketahui) yang telah ditambahkan asam pekat dan katalis perak sulfat, kemudiandipanaskan selama beberapa waktu. Selanjutnya, kelebihan kalium bikromatditera dengan cara titrasi. Dengan demikian kalium bikromat yang terpakaiuntuk oksidasi bahan organik dalam sampel dapat dihitung dan nilai COD dapatditentukan. Kelemahannya, senyawa kompleks anorganik yang ada di perairan yang dapat teroksidasi juga ikut dalam reaksi, sehingga dalam kasus-kasus tertentu nilai COD mungkin sedikit eover estimatef untuk gambaran kandungan bahan organic.
BOD atau Biochemical Oxygen Demand
    Biochemical Oxygen Demand adalah suatu karakteristik yang menunjukkan jumlah oksigen terlarut yang diperlukan oleh mikroorganisme (biasanya bakteri) untuk mengurai atau mendekomposisi bahan organik dalam kondisi aerobik. Ditegaskan lagi oleh Boyd, bahwa bahan organik yang terdekomposisi dalam BOD adalah bahan organik yang siap terdekomposisi (readily decomposable organicmatter). Prinsip pengukuran BOD pada dasarnya cukup sederhana, yaitu mengukur kandungan oksigen terlarut awal (DOi) dari sampel segera setelah pengambilan contoh, kemudian mengukur kandungan oksigen terlarut pada sampel yang telah diinkubasi selama 5 hari pada kondisi gelap dan suhu tetap (20 oC) yangsering disebut dengan DO5. Selisih DOi dan DO5 (DOi- DO5) merupakan nilai BOD yang dinyatakan dalam miligram oksigen per liter (mg/L).
Konsentrasi ion hydrogen
    Konsentrasi Ion hidrogren (H+) adalah ukuran kualitas dari air maupun dari air limbah. Adapun kadar yang baik adalah kadar dimana masih memungkinkan kehidupan biologis di dalam air berjalan dengan baik. Air limbah dengan konsentrasi air limbah yang tidak netral akan menyulitkan proses biologis, sehingga mengganggu proses penjernihannya. Pengukuran pH air dilakukan menggunakan pH-meter.
    Debit air sungai memberikan informasi mengenai jumlah air yang mengalir pada waktu tertentu. Oleh karena itu, data debit air berguna untuk mengetahui cukup tidaknya penyediaan air untuk berbagai keperluan (domestik, irigasi, pelayaran, tenaga listrik dan industri), pengelolaan DAS, pengendalian sedimen, prediksi kekeringan dan penilaian beban pencemaran air.

e-Mail:
adywater@gmail.com

Kantor :

Surabaya :
Jalan S. Parman IVA No.8 Waru Sidoarjo  ( Depan Pendopo Lama Waru Sidoarjo ) Daerah Belakang R.S Mitra Keluarga Waru Sidoarjo

Jakarta:
Jalan Kemanggisan Pulo 1, No. 6, RT: 01 Rw: 08 Kelurahan Pal Merah, Kecamatan Pal Merah. Jakarta Barat Kode Pos: 11480

Bandung:
Jalan Mande Raya No 26, Cikadut, Cicaheum Kota Bandung

Bekasi:
Jalan Bintara Jayaraya No.3 Bekasi Barat


Untuk info dan pemesanan hubungi :

022-7239019 / 0821 4000 2080 / 0856 2476 9005 / 0857 2352 9677 / 0813 2259 9149
Pin BB: 29d2de88 / 32dbbfb0

1 komentar: